Paradigma Pembelajaran Efektif Menuju Manusia Utuh

Kegiatan Belajar Mengajar di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat
Kegiatan Belajar Mengajar di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

Oleh: Elisabeth Daar *

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar merupakan hal penting dan sentral dalam proses pembelajaran, baik bagi peserta didik maupun bagi pendidik. Belajar merupakan proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Seluruh pengalaman peserta didik menjadi locus atau tempat dan sarana belajar.

Proses melihat, mengamati, mengalami dan memahami sesuatu merupakan bagian rangkaian utuh dari proses belajar. Semua proses tersebut terarah kepada tujuan yakni terbentuknya pribadi manusia yang dewasa, mandiri dan berkembang secara holistik. Hal itu dapat terlihat dari indikator yakni terjadinya perubahan dalam sikap dan tingkah laku, pengetahuan serta soft skill lainnya ke arah yang lebih baik.

Perubahan atau perkembangan itu tidak lain adalah hasil pengalamannya sendiri dari keseluruhan interaksi yang terjadi. Hal ini kurang lebih selaras dengan pendapat M. Sobry Sutikno. Ia mendefinisikan belajar sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan itu dilakukan secara sadar (disengaja) dan bertujuan untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*