Inilah 9 Amalan Sunah Idulfitri yang Harus Kamu Tahu, Agar Ibadah Makin Sempurna

Sharing for Empowerment

Membayar zakat

Zakat di dalam Islam merupakan salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib untuk dilaksanakan. Banyak sekali kegunaan zakat bagi orang-orang yang membutuhkan. Kewajiban membayar zakat ini dijelaskan dalam hadis yang memiliki arti sebagai berikut ini.

Rasulullah Saw memerintahkan zakat fitrah kepada orang-orang di bulan Ramadan kepada manusia satu sha’ dari tamar (dua setengah kilo beras) atas orang-orang yang merdeka atau hamba laki-laki atau perempuan” (Al -Hadis).

Zakat fitrah hukumnya wajib, bila ingin menambah amalan sunah, kamu dapat melakukan zakat harta di saat ini juga.

Berjalan kaki ke tempat salat

Jika tempat salatnya tidak terlalu jauh, disunahkan untuk berjalan kaki menuju musala, masjid, atau tanah lapang tempat diselenggarakannya salat Idulfitri. Hal ini sejalan dengan pernyataan Ali bin Abi Thalib, dia berkata, “Termasuk sunah Rasulullah Saw adalah keluar menuju tempat salat Idulfitri dengan berjalan kaki” (H.R. Tirmidzi).

Berangkat dan pulang melewati jalan yang berbeda

Nabi Muhammad melalukan sunah ini seperti hadis riwayat Ibnu Majah, ““Rasulullah Saw mendatangi salat Idulfitri dengan berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan lain dari yang dilaluinya ketika pergi”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*