Jarang Diketahui, 25 April Hari Malaria Sedunia, Begini Sejarah dan Tema Peringatannya

Sharing for Empowerment

Perubahan itu mengingat penyakit malaria ditemukan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia dan sekitar 900.000 orang meninggal akibat penyakit ini setiap tahun.

Malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan parasit dari genus Plasmodium yang termasuk golongan protozoa melalui perantaraan tusukan (gigitan) nyamuk Anopheles spp yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia. Malaria dapat berlangsung akut maupun kronik. Infeksi malaria dapat berlangsung tanpa komplikasi ataupun mengalami komplikasi sistemik yang dikenal sebagai malaria berat.

Malaria atau penyakit yang menyerupai malaria sudah ada selama lebih dari 4.000 tahun silam. Malaria dikenal secara luas di kawasan Yunani pada abad ke-4 SM dan dipercaya sebagai penyebab utama berkurangnya penduduk kota.

Dalam perkembangan dunia medis modern, malaria dikenal sejak tahun 1753, namun baru ditemukan parasit dalam darah oleh Alphonse Laxeran pada tahun 1880.

Untuk mewarnai parasit, pada tahun 1883, Marchiafava menggunakan metilen biru sehingga morfologi parasit ini lebih mudah dipelajari. Siklus hidup plasmodium di dalam tubuh nyamuk dipelajari oleh Ross dan Binagmi pada tahun 1898 dan kemudian pada tahun 1900 oleh Patrick Manson dapat dibuktikan bahwa nyamuk adalah faktor penular.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*