Begini Sejarah Hari Pendidikan Nasional, Hari Ulang Tahun Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara. (Ist.)
Ki Hajar Dewantara (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Mei. Tanggal 2 Mei dipilih lantaran bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Peringatan Hardiknas tersebut ditetapkan setelah adanya Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

BACA JUGA:

Ki Hajar Dewantara lahir pada 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir dari lingkungan keluarga Kadipaten Pakualaman di Yogyakarta, yang merupakan salah satu kerajaan pecahan Dinasti Mataram selain Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, dan Kadipaten Mangkunegaran.

Dia menamatkan sekolah di ELS (Sekolah Dasar Belanda), lantas melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Tetapi ia tamat akibat sakit yang dideritanya.

Pada masa muda, Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai aktivis sekaligus jurnalis pergerakan nasional yang pemberani. Ia menjadi wartawan di beberapa surat kabar seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*