Punya Koleksi Buku? Ini 5 Tip Merawat Buku Agar Awet

Ilustrasi: Tips membaca buku agar maksimal. (Ist.)
Ilustrasi: Membaca dan merawat koleksi buku agar maksimal. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Buku adalah jendela dunia. Mempunyai buku ibarat mempunyai harta karun. Kita bisa jadi suka mengoleksinya, tetapi untuk merawat koleksi buku kita malas. Akibatnya buku kita berwarna kuning dan rusak. Sedih, ya.

Agar buku tetap dalam kondisi bagus, inilah tip merawat koleksi buku agar tidak tidak cepat rusak dan menguning.

BACA JUGA:

Lapisi bagian luar buku dengan sampull plastik

Bila ingin buku tetap bersih dan rapih, kita bisa memasang sampul plastik pada sampul. Dan bila buku tersebut tidak dibaca dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu dapat menyimpan beberapa buku sekaligus dengan plastik ziplock. Selain untuk menjaga kebersihan buku dari kotoran luar, melapisi buku dengan plastik tambahan juga berguna untuk mengurangi terjadinya penguningan kertas pada bagian dalam buku.

Rutin membersihkan buku

Bersihkan buku dari debu dengan kain kering, bila perlu gunakan tisu basah pada debu yang melekat. Lakunan dengan rutin setidaknya sebulan sekali untuk menjaga kebersihan buku dari debu.

Simpan di tempat kering

Udara yang lembap dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada buku. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan buku pada tempat keriang dan tidak lembap.

Perhatikan posisi saat menyimpan buku

Saat menyimpan buku, jangan posisikan buku dengan menumpuknya. Simpan buku dengan posisi mendatar untuk mengurangi terjadinya kerusakan buku.

Pakai kamper

Kamper tidak hanya berguna untuk lemari baju atau kamar mandi saja. Kamper dapat berguna untuk menghindari buku dari gangguan serangga, seperti ngengat dan rayap. Penggunaan kamper ini juga berguna untuk mengurangi bau kertas.

Itulah lima cara mudah untuk menyimpan dan merawat koleksi buku kita. Merawat buku berarti merawat dan memelihara masa depan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*