Stres di Tempat Kerja? Lakukan 5 Hal Sederhana Berikut Ini

Ilustrasi guru sekolah dasar (SD) yang terlihat terlalu lelah. Kelelahan yang berlebihan (burnout) dapat menyebabkan stress berkepanjangan. (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi: Pekerja terlihat terlalu lelah. Kelelahan yang berlebihan (burnout) dapat menyebabkan stres saat bekerja yang berkepanjangan. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com  – Stres merupakan hal yang dapat menyerang kita di mana pun. Tidak hanya di sekolah atau di kampus, stres juga bisa mendatangi kita saat di rumah, di pergaulan atau bahkan juga di tempat bekerja. Ini yang bisa kita beri nama stres saat bekerja.

Stres saat bekerja dapat muncul karena beberapa penyebab. Ada yang karena deadline atau tekanan beban kerja juda dapat menjadi penyebab. Gesekan dengan pemimpin atau rekan sekerja juga menjadi penyebab yang lain.

BACA JUGA:

Untuk menangani stres saat bekerja dengan baik dan efektih, inilah lima cara sederhana yang dapat kita lakukan. Cekidot!

Belajar mengatakan ‘tidak’

Sebagian besar stres yang terjadi mungkin karena kamu terlalu memaksakan diri saat menanggapi permintaan bantuan dari rekan kerja. Tentu menyenangkan menjadi anggota tim dan dapat membantu rekan kerja yang butuh bantuan. Namun saat pekerjaan diri sendiri jadi terbengkalai karena hal ini, saatnya kamu berkata ‘tidak’ dengan halus tetapi tegas. Tenang, bekata ‘tidak’ tidak membutuhkan banyak alasan. Orang lain pasti akan paham.

Jauhi gosip di tempat kerja

Gosip dan drama di tempat kerja harus dihindari. Meskipun menghibur, pastikan kamu tidak pernah terlobat di dalamnya. Hal tersebut dapat menyedot waktu dan energimu dan dapat menciptakan ketegangan di tempat kerja. Selain menguras energi, fokusmu juga akan terganggu. Drama tidak memberikan apapun selain stres karena terbawa dalam lingkarannya.

Ingat hal penting dalam hidupmu

Sata awak kerja, luangkan waktu sejenak untuk mengingatkan dirimu snediri tentang apa hal penting dalam hidupmu. Kemungkinan besar jawabannya bukan pekerjaanmu. Bisa jadi pekerjaan hanyalah alat atau cara untuk meraih apa yang penting dalam hidupmu tersebut.

Fokus pada hal terpenting dalam hidup kita tentu akan mengurangi stres. Kita arahkan fokus tidak lagi pada masalah, melainkan tujuan yang penting tersebut.

Buat 3 prioritas untuk esok hari

Di akhir hari kerjamu, tuliskan tiga priortas untuk hari berikutnya, saat kamu tiba di tempat kerja keesokan harinya, tinjau kembali daftar itu.

Pastikan kamu menyelesaikan prioritas utama itu. Kamu akan mengakhiri setiap hari dengan rasa pencapaian dan panjangan yang jelas tentang apa yang akan kamu kerjakan selanjutnya. Rasa kemajuan atau progress ini pasti dapat membuatmu merasa lega dan dapat mengurangi stres.

Tinggalkan pekerjaan di tempat yang seharusnya

Tinggalkn pekerjaan di tempatnya yakni di tempat bekerja. Jika kamu tidak dapat menyelesaikan tugas penting sebelum jam kerja berakhir, tingalkan pekerjaan itu, terus menerus membawa pulang pekerjaan adalah penyebab kita mengalami stres kronis.

Stres kerja berdampak pada kita semua. Stres memang tidak bisa dihindari, tetapi dapat dikelola. Berusahalah terus untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi stres semacam ini. Dan menjadi manusia yang lebih bahagia!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*