Kamu Harus Tahu! 5 Tip Mudah Tetap Produktif Meski Sedang Puasa

Ilustrasi: Tips tetap produktif selama puasa Ramadan. (Ist.)
Ilustrasi: Tips tetap produktif selama puasa Ramadan. (KalderaNews/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Puasa memang identic dengan rasa lemas. Hal ini terjadi karen adanya perubahanpola makan kita. Seharusnya puasa tidak mengurangi aktifitas kita. Kita harus tetap produktif selama menjalani puasa.

Gimana caranya? Simak lima tip berikut ini!

BACA JUGA:

Tetap disiplin

Saat puasa, energi memang berkurang  tdiak seperti hari biasa. Namun, kita tepa harus produktif karena target tidak ada hubungannya dengan puasa.  Solusinya kita harus tetap disiplin dan memasang target kapan pekerjaan harus selesai.

Tidak mengapa pekerjaanmu tidaklangsung beres dalam sehari, tetapi tetaplah disiplin dalam mengejar target yang dapat kamu ukur sendiri. Yang penting jangan menyiksa tubuh dengan bekerja berlebihan karena kekuatan fisikmu akan berbeda saat puasa.

Tidur sejenak saat jam istirahat

Meski harus ngantor setiap hari, kamu tetap bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak. Bila biasanya kamu menggunakan waktu istirahat untuk makan, kali ini gantilah dengan rehat dan tidur.

Tidur 15-30 menit dapat membuatmu kembali segar dan konsentrasi kembali . jangan lupa untuk salat duhur, biasanya kamu akan merasa lebih segar dan siap kembali produktif.

Buka puasa sebagai rewards

Kebanyakan orang sangat peduli dengan orang lain tetapi lupa mempedulikan diri sendiri. Padahal self rewards merupakan hal penting yang dapat meningkatkan mood dan produktivitas kita sendiri. Hal sederhana saat puasa adalah menyediakan makanan yang kamu suka sebagai hadiah bagi diri sendiri yang telah produktif meski puasa hari ini. Rayakan harimu!

Stretching

Bila pekerjaan menumpuk biasanya tubuh kan terasa tegang dan untuk menghindarinya kamu bisa melakukan stretching sejenak agar tubu tidak kaku dan kembali rileks, jangan stres dan lakukan pekerjaan dengan perasaan senang agar tidak menjadi beban dan menyulitkan dirimu sendiri yang sedang berpuasa.

Hiburan ringan

Saat benar-benar penat dan tidak ada mood, kamu bisa mengambil waktu sejenak untuk mencari hiburan di media sosial atau di YouTube. Banyak kelucuan yang mampu mengusir penat dan kita dapat produktif kembali. Pastikan kamu tidak kebablasan, ya, saat mencari refreshing di media sosial.

Puasa bukanlah halanagn bagi kita untuk terus produktif. Sebaliknya, puasa dapat menjadi lading amal saat kita bekerja dengan ikhlas dan bahagia. Semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*