Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Semangat Pelajar Internasional Belajar ke Belanda

Pelajar internasional di Belanda
Pelajar internasional di Belanda (KalderaNews/Dok. Nuffic Neso Indonesia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu bukti keberhasilan internasionalisasi pendidikan di Belanda adalah, dari setiap 7 mahasiswa yang ada di Belanda, bisa dikatakan 1 orangnya merupakan mahasiswa asing. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Nuffic pada tanggal 12 April 2022, pada tahun akademik 2021-2022 ada 115.068 mahasiswa internasional terdaftar di pendidikan tinggi negeri di Belanda. Jumlah ini meningkat 12,2% (12.507) dibanding tahun sebelumnya.

Sementara jika dilihat dari keragaman asal negara, dibandingkan dengan tahun ajaran 2019-2020 (sebelum pandemi), mahasiswa internasional di Belanda hanya berasal dari 163 negara, walaupun ada 27 negara yang menunjukan penurunan jumlah mahasiswanya di Belanda, namun di tahun ajaran 2021-2022 negara asal pelajar bertambah menjadi 168 negara.

Program studi yang paling banyak diminati mahasiswa internasional di universitas ilmu terapan (university of applied sciences) adalah bidang ekonomi (economics) sementara di universitas riset (research university) adalah bidang sosial (behavioural & social sciences). Bidang tehnik (engineering) serta bahasa dan budaya (language & culture) juga termasuk kedalam 3 bidang terfavorit di Belanda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*