Begini Proses Terjadinya Pelangi: Refleksi, Dispersi, dan Refraksi

Sharing for Empowerment

Sementara itu pelangi besar yang terlihat di langit biasanya terjadi ketika matahari berdekatan dengan cakrawala dan pelangi selalu muncul pada sisi langit yang berlawanan dengan matahari. Tak mengherankan waktu terbaik untuk melihat pelangi adalah ketika sore hari.

Terkait bentuk kurva pelangi tentu saja karena kita hanya melihat setengah lingkaran dari cahaya yang dipantulkan oleh butiran air. Pelangi terlihat hanya seperti setengah lingkaran karena setengah lingkaran cahaya lainnya sudah menabrak daratan. Namun, jika kita berada di tempat tinggi kayak tebing tinggi atau pesawat maka bisa melihat lingkaran sempurna.

Secara ilmiah harus dipahami bahwa pelangi adalah fenomena alam yang merupakan proses optik dengan tiga tahap refleksi, dispersi, dan refraksi.

  1. Refleksi

Butiran air di udara bisa berfungsi seperti cermin kecil. Ketika cahaya matahari menyinari butiran air, sebagian besar cahaya akan dipantulkan kembali.

Ketika terjadi hujan, udara akan mengandung banyak butiran air yang membentuk seperti tirai dan masing-masing butiran air yang kecil tersebut akan memantulkan kembali cahaya matahari yang datang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*