Masjid Istiqlal Mendapat Penghargaan Green Mosque, Pertama di Dunia

Masjid Istiqlal Jakarta. (Ist.)
Masjid Istiqlal Jakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Masjid Istiqlal Jakarta mendapat penghargaan sebagai Green Mosque atau rumah ibadah ramah lingkungan pertama di dunia dari International Finance Corporation (IFC), sebuah institusi yang dibawahi Grup Bank Dunia (WBG).

Masjid Istiqlal dinilai mampu menurunkan jejak karbon secara signifikan. Masjid ini juga menjadi tempat ibadah pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat final dari Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE), atau sistem sertifikasi bangunan hijau yang dikembangkan IFC.

BACA JUGA:

“Kami sangat terharu karena pada hari ini kita mendapatkan apresiasi, bukan (dari institusi) lokal tapi internasional,” ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Nasaruddin mengungkapkan, sejumlah sisi Masjid Istiqlal telah menjalani renovasi yang sejalan dengan konsep bangunan hijau yang ramah lingkungan. Bagian internal dan eksternal Masjid Istiqlal telah menggunakan pencahayaan hemat energi. Bangunan tersebut juga dilengkapi panel surya yang mampu mencukupi 13 persen kebutuhan listrik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*