Kamu Harus Tahu! 8 Penyebab Puasa Jadi Lemas dan Ngantuk

Sharing for Empowerment

Saat tubuh mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan secara berlebihan, kadar gula dalam darah akan meningkat dengan cepat. Meskipun tubuh secara cepat bertenaga, tetapi kadar gula darah ikut memburuk. Saat itu terjadi, tubuh akan terasa lemas terutama saat puasa.

Waktu tidur tidak teratur

Rasa ngantuk khususnya di pagi dan siang hari sangat dirasakan oleh orang-orang yang berpuasa. Hal tersebut karena waktu tidur yang mulai tidak teratur.

Saat bulan Ramadan, biasanya orang-orang terbangun pukul 2 pagi untuk memasak dan mempersiapkan makanan untuk sahur. Setelah sahur, mereka tidak langsung tidur karena menunggu waktu salat subuh dan memanfaatkannya untuk membaca Al-Qur’an. Tidak heran saat pagi hari tiba, rasa kantuk malah menyerang.

Pola tidur salah

Ada orang yang tetap merasa lemas saat puasa meski baru bangun tidur. Anggapan bahwa tidur sepanjang siang saat puasa akan mengembalikan kesegaran badan adalah anggapan yang keliru. Justru tidur siang dalam durasi yang lama menjadi penyebab berkurangnya stamina dan energy.

Pola tidur yang salah akan menyebabkan gangguan pada ritme sirkadian tubuh kita. Tidur siang saat puasa cukup selama 15-20 menit saja.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*