Penting, Grand Design Penelitian Berbasis Bahan Alam Indonesia

Sharing for Empowerment

Dari jumlah tersebut, ada sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dikelola Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Tawangmangu, Jawa Tengah.

Sampai saat ini baru sekitar 1200 jenis tanaman yang sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal atau jamu. Namun sejauh ini tidak ada data yang pasti, sudah berapa jenis tanaman atau bahan alam lainnya yang sudah dieksplorasi secara ilmiah.

Eksplorasi ilmiah yang dimaksud mencakup berbagai aspek termasuk diantaranya adalah berupa penelitian ilmiah baik uji in vitro maupun in vivo pada hewan uji atau manusia (fitofarmaka) untuk mendukung pendapat atau pengakuan masyarakat akan khasiat tanaman obat atau obat tradisional tertentu.

Untuk uji fitofarmaka, sampai akhir tahun 2021 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru mengeluarkan 26 produk fitofarmaka.

Lebih jauh lagi, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang analisis senyawa aktif, perlu dilakukan profil senyawa aktif (metabolite profiling) yang terdapat dalam bahan alam tertentu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*