Penting, Grand Design Penelitian Berbasis Bahan Alam Indonesia

Kholis Abdurachim Audah, Ph.D Ph.D (Protein Biochemistry)
Kholis Abdurachim Audah, Ph.D Ph.D (Protein Biochemistry)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang salah satunya berupa keanekaragaman hayati (biodiversitas).

Menurut lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi bidang lingkungan, the United Nations Environment Programme (UNEP), secara keseluruhan Indonesia menduduki peringkat keempat dari sepuluh negara di dunia dengan predikat Mega Biodiverse Countries.

BACA JUGA:

Bahkan untuk keanekaragaman ikan dan kekayaan laut secara keseluruhan, Indonesia menduduki peringkat pertama. Biodiversitas Indonesia ini sangat kaya dengan bahan-bahan aktif yang yang dapat digunakan sebagai bahan obat untuk berbagai jenis penyakit.

Hal ini terbukti dari banyaknya produk- produk herbal yang sudah digunakan oleh bangsa Indonesia secara turun-temurun sejak berabad-abad lamanya. Bisa dikatakan bahwa hampir setiap etnis atau suku di Indonesia yang sangat beragam ini, memiliki ciri khas tersendiri dalam hal pengobatan tradisional yang dapat dikategorikan sebagai salah satu local wisdom yang dimiliki oleh suatu suku.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*