Trik Merawat Ban Sepeda Motor Agar Awet

Ilustrasi: Pengendara Sepeda Motor (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ban sepeda motor sangat penting perannya. Apalagi bila keseharian kita bermobilisasi dengan menggunakan sepeda motor. Selain jadi penggerak, ban juga berfungsi sebagai penopang berat sepeda motor, mendukung kestabilan saat berkendara melewati berbagai medan jalanan, serta membantu daya cengkraman ke aspal saat pengereman.

Perawatan ban dapat dilakukan secara sederhana dan mudah. Dengan perawatan yang ban sepeda motor yang rutin, kita dapat menjaga kenyamanan serta performa dari sepeda motor itu sendiri. Inilah cara merawat ban sepeda motor sendiri agar awet.

BACA JUGA:

Memeriksa tampilan luar ban

Jka terdapat keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang segera lakukan pergantian ban ke bengkel resmi.

Memeriksa usia ban

Pada umumnya usia ban dapat mencapai lima tahun, tetapi pengendara tetap harus memperhatikan kondisi ban. Apalagi jika pengendara aktif dan rutin menggunakan sepeda motor, serta banyak melewati jalan yang tidak rata.

Selain memastikan tampilan luar ban bebas dari keretakan, pengendara dapat melihat umur ban dari kode produksi yang terdapat pada bagian samping ban sepeda motor.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*