Kamu Stres karena Tugas Kuliah? Kenali Tandanya Ini

Ilustrasi kehilangan motivasi karena tumpukan tugas (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi kehilangan motivasi karena tumpukan tugas (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap orang hidup pasti punya masalah. Demikian kata pepatah yang kerap kita dengar saat kita mengungkapkan sebuah masalah. Saat menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi pun kita juga akan mempunyai masalah yang mungkin cukup berat.

Tugas kuliah, dosen, teman sekelas bisa jadi menjadi pemicu masalah yang dapat menimbulkan stres. Inilah tanda yang mungkin dapat terjadi bila kamu mengalami stres karena tugas kuliah.

BACA JUGA:

Jerawat

Jika di wajahmu ada jerawat yang diakibatkan stres karena kuliah, kamu dapat konsultasi dengan dokter kulit terdekat di tempatmu tinggal. Tidak ada masalah jerawat yang langsung hilang seketika. Pasti ada prosesnya. Ikuti dengan rajin arahan dari dokter kulit dan belajarlah menganggap kuliah dan tugasnya bukan sebuah beban agar tidak merasa stres.

Tegang otot

Tegang otot juga bisa terjadi saat kita merasa stres karena kuliah. Jika ini terjadi, kamu cukup menyisakan waktu untuk istirahat dengan cukup untuk merefleksikan kembali otot-otot yang tegang. Kamu bisa juga mengikuti pelatihan yoga yang data membantumu melemaskan dan melenturkan kembali otot yang tegang.

Sering mengeluh

Pasti kamu jadi sering mengeluh pada teman-teman terdekat atau ada orang tua saat banyak kesibukan dan tubuhmu terlalu lelah. Jika ini terjadi, kamu perlu mengurangi berbagai kegiatan yang ada seperti ekstrakurikuler, atau kegiatan organisasi mahasiswa lainnya. Mengurangi beban kegiatan secara langsung dapat mengurangi beban hidup kita, kan.

Kurang tidur

Stres karena kuliah dan tugas-tugasnya bisa membuat kita kurang tidur. Selain insomnia, kita juga jadi sering lembur karena mengerjakan tugas itu. Jika kamu mengalami jal ini, kamu bisa mencoba melakuka berbagai tip dan trik untuk memudahkanmu tidur dan menghindarkanmu dari insomnia berkepanjangan.

Gangguan nafas

Saat kita stres karena tugas kuliah, kita akan cenderung menegangkan bahi dan leher kita dan menggunakannya saat bernafas sebagai sinyal pada tubuh kita untuk meningkatkan denyut jantung yang bisa menimbulkan lebih banyak stres. Kita bisa menggantinya dengan memanfaatkan perut dan diafragma kita lalu mengembuskannya ke luar, lakukan hal sama juga saat kita menghirup udara.

Sebagai awalnya, kita bisa sengaja berlatih untuk fokus menggunakan cara ini. Salah satu tanda fisik stres adalah kurangnya asupan oksigen dalam darah, dan cara satu-satunya untuk mendapatkan kembali oksigen adalah bernafas dengan dalam dan lebih fokus.

Itulah lima tanda tubuh kita sedang terkena stres karena tugas kuliah. Bila beban kuliah terasa makin berat dan sangat mengganggu kamu juga bisa mencari pertolongan pada ahli yang lebih kompeten seperti psikolog atau psikiater.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*