Panduan Mudah Ajarkan Puasa pada Anak, Orangtua Harus Tahu

Sharing for Empowerment

Latihan

Saat anak sudah ingin puasa, latihlah mereka untuk menahan haus dan lapar sesuai dengan kemampuan usia mereka. Misalnya dengan latihan puasa setengah hari dulu bila belum kuat hingga magrib. Setelah makan siang ia bisa puasa lagi hingga magrib. Secara berangsur waktu makannya bisa dimundurkan hari demi hari sebagai latihan.

Berikan Support

Motivasi itu penting agar anak tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Jangan diledek atau diolok agar kepercayaan dirinya tidak turun. Selain memberikan motivasi, kita juga bisa memberikan dorongan untuk mempelajari doa-doa dan ibadah lain.

Berikan Rewards

Penghargaan atau hadiah yang bisa kita berikan tidak harus mahal. Cukup dengan makanan yang menjadi kesukaannya.  Jangan lupa juga untuk memberikan pujian atau luangkan waktu untuk bermain dengan anak, meskipun anak-anak lebih menyukai penghargaan yang bisa dilihat secara kasat mata.

Demikian lima panduan mudah untuk mulai mengajarkan puasa pada anak sejak usia dini. Memang tidak mudah pada bagian awal, pastikan tidak melakukan kekerasan dan sesuaikan dengan mood anak, jangan dipaksa. Lama kelamaan anak akan mengerti bila diberi penjelasan dengan baik. Semangat, Bund!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*