Cekidot! 4 Persiapan Puasa yang Harus Diketahui Milenial

Sharing for Empowerment

Persiapan Jasadiyah

Tubuh fisik, raga atau jasad kita juga harus kita persiapkan. Puasa bukan berarti hanya menahan tidak makan dan minum pada siang hari lalu ‘balas dendam’ pada malam harinya dengan makan segala hal. Pada bulan puasa ini kita tetap harus mengatur pola makan yang baik, cukup minum, dan tetap melakukan olah raga ringan.

Persiapan Maliyah

Maksudnya adalah melipatgandakan harta untuk disedekahkan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan harta tersebut. Bulan Ramadan merupakan kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Sedekah pada bulan Ramadan sangat dianjurkan bagi setiap umat Islam. Sebagian harta kita adalah harta milik orang-orang yang membutuhkan. Pastikan sedekah kita lakukan di lingkungan terdekat terlebih dahulu sebelum ke lingkungan yang jauh.

Persiapan Fikriyah

Agar seluruh rangkaian ibadah Ramadan bisa optimal, diperlukan bekal wawasan yang benar tentang hal-hal yang terkait dengan bulan Ramadan. Persiapan fikriyah ini dibutuhkan karena ada ilmu dalam berpuasa seperti fikih puasa, hal-hal yang dapat merusak suatu amalan, dan hal-hal yang dapat menyempurnakan amalan tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*