UII Hadirkan Narasumber dari Negeri Jiran Malaysia Bahas Pemulihan Ekonomi Bangsa

Sharing for Empowerment

Dalam acara webinar yang diadakan pada Hari Selasa, 22 Maret 2022 itu, Dekar Urumsah menyampaikan materi mengenai pandemi Covid-19 mempengaruhi pencapaian target SDGs Indonesia.

Menurut Ketua Program Studi Akuntansi Program Magister UII itu, kekurangan pasokan air bersih di wilayah rawan Covid-19, meningkatnya emisi gas rumah kaca yang memperburuk kerusakan lingkungan dan sosial, kurangnya pekerjaan yang layak sehingga dapat merusak pertumbuhan ekonomi, serta adanya kebijakan pembatasan pergerakan yang berdampak penduduk termiskin.

“Indonesia memiliki berbagai peluang dalam pemulihan ekonomi nasional termasuk dalam demografi, hal ini akan menjadi tantangan generasi muda (milennial dan generasi Z) untuk meningkatkan produktivitasnya,”imbuhnya. 

Masih menurut Dekar Urumsah, ia meyakini bahwa sebaiknya kebijakan ekonomi pada pasca pandemi diprioritaskan pada pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, yang tidak kalah penting yakni membuka kesempatan kerja di sektor digital melalui pengembangan kapasitas dan keterampilan yang relevan dan juga mendorong produktivitas untuk menciptakan nilai tambah di sumber pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan ekosistem untuk bumi yang lebih layak huni, mempromosikan pekerjaan yang berkelanjutan, dan transisi energi yang terjangkau kepada masyarakat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*