Mau Cek Kualitas Udara di Jakarta? Kunjungi Website Resmi Jakarta Rendah Emisi

Sharing for Empowerment

“Peta kualitas udara baru ini, akan memudahkan warga untuk mendapatkan informasi tentang kualitas udara di wilayah tempat tinggal masyarakat, dan datanya juga dapat diunduh. Selain membantu masyarakat, peta kualitas udara juga membantu untuk menargetkan intervenvensi yang solutif,” imbuhnya.

Data kualitas udara didapatkan dari Air Quality Monitoring System (AQMS) terpasang menggunakan dua metode, yaitu metode aktif otomatis, dan passive sampler. Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) otomatis ditempatkan pada lima lokasi strategis seperti dan bekerja secara kontinyu (24 jam) untuk menghitung konsentrasi polutan.

Kelima lokasi tersebut merepresentasikan penggunaan lahan dan wilayah administratif, yaitu untuk wilayah pusat kota, kawasan komersial (Kelapa Gading, Lubang Buaya dan Kebun Jeruk), dan permukiman (Jagakarsa).

Selain itu, Jakarta Rendah Emisi juga menyediakan data dari stasiun pemantau yang dioperasikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat (Hang Jebat dan Tugu Tani), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gelora Bung Karno).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*