Kecerdasan Emosional, Penunjang Keberhasilan Kuliah dan Karier

Sharing for Empowerment

Sebaliknya, seseorang yang tidak dapat mengendalikan diri dan tidak memiliki empati pada orang lain bisa dikatakan memiliki Kecerdasan Emosi yang rencah. Kecerdasan emosional atau emotional quotient atau emotional intelligence merupakan kecerdasan lain yang mempengaruhi manusia, tidak hanya Intelligence Quotient atau IQ.

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik akan mampu mengenali, menggunakan, memahami, dan mengelola emosinya secara positif sehingga dapat mengurangi rasa stresnya, berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan yang aada, hingga meredam konflik yang timbul.

Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi cenderung lebih disukai dalam dunia kerja dibanding mereka yang hanya mengandalkan IQ. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang terampil mengelola emosinya dapat menangani perasaannya dengan baik serta mampu membaca dan menghadapi perasaan orang lain yang berpotensi memiliki keberuntungan dalam setiap bidang kehidupan termasuk pendidikan,




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*