Trik Mudah Menjadi Mahasiswa Produktif, Dijamin Anti Galau dan Nolep

Sharing for Empowerment

Tanyakan: Ini penting atau tidak

Kita memang tidak hanya mempunyai satu beban tugas, tetapi kita tidak bisa mengerjakannya secara bersamaan. Kita perlu bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan yakni: apakah tugas ini harus paling cepat diselesaikan daripada yang lainnya, dan apakah aku akan senang jika seharian ini aku hanya mampu menuntaskan tugas ini saja.

Kedua pertanyaan ini akan membantu kita bisa membuat keputusan tugas mana ayang bisa dikerjakan terlebih dahulu.

Latihan fokus

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk terus fokus adalah menerapkan struktur pemecahan waktu kerja yakni dengan 8 hingga 9 jam ke periode-periode singkat dengan panjang waktu masing-masing 25 menit. Setiap 1 x 25 menit, ambil istirahat selama 3-5 menit, dan setiap 4 x 25 menit, istirahatlah lebih panjang selama 10-15 menit.

Teknik ini diberi nama Teknik Podomoro, yang dikenalkan oleh Francesco Cirillo, dari Italia. Teknik ini terkenal mudah dan murah. Diperlukan  kesadaran untuk disiplin dalam mengerjakan teknik yang membantu kita fokus.

Teknik Kanban perlu dicoba

Bila teknik Podomoro dikenalkan oleh orang dari Italia, maka teknik Kanban diambil dari bahasa Jepang , yang diambil dari papan atau billboard. Kanban sebenarnya adalah nama teknik produksi yang diaplikasikan oleh Toyota untuk memproduksi mobil-mobilnya. Toyota mempunyai beberapa pabrik yang masing-masing fokus memproduksi komponen mobil yang berbeda. Saat komponen itu dibutuhkan, barulah komponen tersebut diproduksi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*