Mengenal Alkana, Turunan Alkohol yang Akrab Dengan Kita Sehari-Hari

Ilustrasi: Hand sanitizer mengandung alkohol. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comNew normal life membuat kita hidup makin bersih dan lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Upaya paling sederhana yang bisa kita lakukan dalam kebiasan baru ini salah satunya adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air besih. Bila tidak ada air mengalir biasanya kita menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan .

Bila kita sedang seru membahas logo halal yang baru, tahukah kamu bahwa hand sanitizer atau cairan pembersih tangan ini memiliki keefektifan yang sama bila mengandung alkohol sekitar 60-80%. Kurang dari 60% hand sanitizer tidak dapat membasmi kuman secara maksimal. Namun, bila kandungan alkohol terlalu tinggi juga akan membuat hand sanitizer ini lekas menguap saat terkena udara.

BACA JUGA:

Hand sanitizer ini mengandung materi hidrokarbon, yakni senyawa yang terdiri dari dua jenis atom yaitu karbon (C dan hydrogen (H). berdasarkan jenis ikatannya, hidrokarbon dibedakan menjadi tiga, salah satunya adalah alkana.

Alkana merupakan rantai karbon panjang yang berikatan tunggal dengan atom H. Bila terdapat satau atau lebih dari atom H pada alkana diganti oleh gugus fungsi tertentu, maka akan membentuk senyawa turunan alkana. Bila satu atom H-nya diganti oleh gugus fungsi –OH, hasilnya akan membentuk senyawa alkohol. Sehingga alkohol merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi –OH.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*