Hari Perawat Nasional, 17 Maret, Begini Tema dan Sejarahnya

Perawat
Ilustrasi: Perawat (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Perawat Nasional diperingati setiap 17 Maret, dan tahun ini jatuh pada Kamis, 17 Maret 2022.

Tahun ini merupakan peringatan Hari Perawat Nasional ke-48. Hari Perawat Nasional bertepatan dengan berdirinya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 1974. PPNI merupakan satu-satunya organisasi profesi yang mewadahi seluruh perawat di Indonesia.

BACA JUGA:

Pada masa sebelum tahun 1974, organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang. Sejak zaman penjajahan, perawat Indonesia sudah ada seiring adanya rumah sakit, seperti Residen Vpabst (1819) di Batavia, yang kemudian menjadi Stadsverband (1919) dan berubah menjadi Central Burgerlijke Zieken Inrichting. Yang kini menjadi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Kala itu, perawat sudah memiliki perkumpulan dan menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat. Ketika itu terdapat beberapa organisasi, seperti Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*