Yuk, Ngintip Kerja Sambilan di Berbagai Negara yang Jarang Dijumpai di Indonesia

Sharing for Empowerment

Kerja sambilan di Jerman

Lain di Jepang lapin pula di Jerman. Di negara maju seperti Jerman, kesejahteraan warganya sangat diperhatikan. Banyak sekolah dan kampus yang digratiskan. Selain itu banyak lowongan kerja part-timer untuk pelajar dan mahasiswa. Pelajar dan mahasiswa di sana juga sudah terbiasa bekerja sejak muda, apalagi tidak ada batas waktu kerja untuk mahasiswa yang berasal dari Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Sedangkan untuk mahasiswa asing, batas waktu kerjanya adalah 120 hari penuh atau 240 setengah hari per tahun.

Pekerjaan part-timer yang tersedia di Jerman antara lain adalah loper koran, staf perpustakaan, asisten akademis di kampus, dan lain-lain. Upah minimum di Jerman sekitar 9,35 euro atau sekitar 150 ribu rupiah per jam. Jumlah ini dianggap cukup tinggi, terutama oleh pendatang dari negara berkembang seperti Indonesia.

Kerja sambilan di Amerika

Amerika mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak dan heterogen. Sehingga dalam mencari pekerjaan mereka juga harus menghadapi persaingan yang tinggi. banyak imigran datang ke Amerika untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Tidak heran bila Amerika mempunyai jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia karena banyaknya imigran yang datang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*