Cara Mudah Membuat Rangkuman Materi yang Mudah Dipahami

Sharing for Empowerment

Cari gagasan utama

Setelah membaca keseluruha dengan cepat, langkah selanjutnya adalah mencari gagasan utama atau ide pokok dari materi yang sedang dibahas. Kamu bisa menggunaka stabile atau sticky notes untuk menandai gagasan utama.

Dengan menandai gagasan utama terlebih dahulu, kamu bisa makin paham terhadap materi yang akan diringkas dan ditulis. Hasil ringkasanmu nantinya juga akan lebih rapid an mudah dipahami.

Tulis rangkuman dengan singkat dan jelas

Langkah berikutnya adalah kamu bisa mulai menulis gagasan yang telah kamu temukan atau ide pokok dari materi yang sedang kamu pelajari. Gunakan bahasa yang singkat dan jelas, tidak perlu terlalu panjang.

Kamu bisa menggunakan poin-poin untuk menulis rangkuman, kamu juga bisa menambahkan hiasan-hiasan kecil untuk menambah keindahan catatanmu.

Beri tanda

Langkah terakhi agar rangkuman materi yang kamu buat makin menarik dan mudah diingat, kamu bisa menandai setiap poin penting atau judul topik dengan stabile warna warni atau sticky notes lucu sebagai hiasan. Kamu juga bisa menambahkan berbagai stiker agar rangkuman materi makin menarik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*