Cara Mudah Membuat Rangkuman Materi yang Mudah Dipahami

Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cara belajar masing-masing orang memang berbeda. Ada yang belajar sambil mendengarkan materi, ada yang membaca, ada yang mencatat, dan ada pula yang belajar sambil mengunyah. Ups!

Salah satu cara belajar yang banyak dipakai oleh pelajar atau mahasiswa adalah membuat ringkasan atau rangkuman materi berupa catatan kuliah. Namun, membuat rangkuman materi tidak semudah yang dibayangkan. Bila tidak paham caranya, kita malah menulis semua materi yang ada di buku, bukannya merangkum atau meringkas.

BACA JUGA:

Inilah cara mudah membuat rangkuman materi kuliah atau materi pelajaran yang mudah dipahami sebagai bahan belajar saat ujian nanti.

Baca seluruh materi

Sebelum mulai membuat rangkuman, sebaiknya kamu membaca seluruh materi terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu jadi tahu pokok utama pembahasan dan poin penting yang akan dicatat. Kamu bisa menggunakan teknik membaca cepat pada saat membaca keseluruhan materi. Tujuanna adalah untuk menemukan gambaran umum dan mengetahui inti dari materi yang akan dirangkum.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*