3 Cara Jitu Meningkatkan Kemampuan Menghafal dengan Cepat dan Mudah

rumus fisika, belajar fisika,
Belajar dan hafal rumus fisika diperlukan pemahaman konsep materinya. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa pelajaran di sekolah dan di bangku kuliah, bisa jadi, membutuhkan hafalan. Hafalan membutuhkan kemampuan menghafal, yang merupakan kemampuan paling krusial dan menentukan prestasi di sekolah.

Sayangnya, kemampuan menghafal ini tidak diajarkan secara detail di sekolah. Oleh karena itu, kita perlu mempunyai cara jitu untuk meningkatkan kemampuan menghafal berbagai materi yang diberikan oleh para guru dan dosen.

BACA JUGA:

Tiga cara jitu meningkatkan kemampuan menghafal ini harus dipahami oleh pelajar dan mahasiswa. Cekidot!

Pakai keyword

Kunci menghafal yang pertama adalah memanfaatkan keyword atau kata kunci penting. Menghafal dengan keyword akan terasa sangat mudah dan cepat. Misalnya kita harus menghafal kalimat yang berisi 30 kata, maka kita harus menghafal semuanya. Bila dengan memakai keyword, kita bisa hanya menghafal menggunakan 3-5 kata kunci saja.

Simulasi

Menghafal dengan simulasi atau experiential learning adalah sebuah metode menghafal yang sangat menyenangand an cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Cara yang bisa dilakukan dengan metode ini misalnya dengan gim edukatif, yakni belajar sambil bermain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*