Tip Buat Mahasiswa yang Ingin Belajar Menjadi Public Speaking

Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking  merupakan kebutuhan yang banyak diperlukan di berbagai kegiatan. Kemampuan ini meliputi mengatur ritme dan manajemen kondisi ketika berdiri di depan banyak orang memang sulit dilakukan.

Public speaking merupakan soft skill yang penting untuk dimiliki mahasiswa. Kemampuan ini bisa menunjang karier dan nilai lebih seseorang. Untuk seorang pemula, seperti mahasiswa, kemampuan public speaking  ini dapat dipelajari dengan mudah. Ini caranya, simak, yuk!

BACA JUGA:

Latihan! Latihan! Latihan!

Cara berlatih yang paling mudah adalah di depan cermin. Hal ini dapat mengasah percaya diri. Saat berbicara di depan umum kamu dapat berbicara dengan topik apa pun dan intonasi tertentu. Selain cara ini kita bisa meminta tolong ke orang terdekat untuk membantumu latihan. Cara ini akan membuat kita melakukan intropeksi maupun kritikan yang membangun.

Perbaiki kosakata dan intonasi

Public speaking juga memerlukan kosakata. Kosakata ini diperlukan untuk menyampaikan informasi pada audiens. Masalah lain yang dihadapi pemula adalah sulitnya mencari kata yang pas dalam penyampaian, sehingga terkadang  kosakata yang muncul di kepala itu-itu saja.

Kita dapat melatih memperbanyak kosakata itu dengan banyak membaca. Selain itu, kita perlu memperjelas suara dan pelafalan kalimat yang mendukung penyampaian informasi yang disampaikan. Dengan mengatur ritme bicara, kita bisa makin membuat gaya bicara makin teratur.

Pesan yang jelas

Sebelum berbicara di depan banyak orang sebaiknya persiapan yang dilakukan adalah mencari bahan materi. Ada baiknya melakukan persiapan dengan membaca, belajar, dan memperhatikan pesan inti harus dilakukan supaya apa yang ingin disampaikan dapat terlaksana dengan lancar.

Bahasa tubuh

Aspek public speaking lain yang disoroti adalah gerak tubuh. Untuk pemula, gerakan tubuh dapat menjadi penanda apakah seseorang tersebut telah siap atau masih grogi. Gerak-gerik atau bahasa tubuh orang yang berbicara di depan forum pasti akan diperhatikan oleh audiens. Oleh karena itu hal ini harus dilatih.

Tempo bicara

Tempo bicara merupakan sebuh kunci penting bila ingin mapan dalam menguasai public speaking. Dalam public speaking kita harus mengatur kecepatan dalam bicara. Mengatur jeda antar kalimat dan suara yang jelas.

Bila bicara terlalu cepat, audiens pasti akan kesulitan untuk mencerna apa yang dibicarakan. Namun, saat terlalu pelan, pendengar pasti juga akan merasa lelah dan bosan.

Tidak salah membawa catatan

Jika materi yang disampaikan banyak dan memerlukan suatu pengingat semacam catatan, itu boleh dilakukan. Terlebih saat melaksanakan pidato maupun presentasi .  Memang tidak mudah mengingat semua urutan informasi yang akan disampaikan, oleh karena itu berbicara di depan umum boleh membaca catatan.

catatan yang dibawa sebaiknya berisi tentang point penting saja. Jangan seluruh materi.

Kesalahan itu wajar

Menjadi lebih baik adalah sebuah proses. Kita tidak mungkin sekali berlatih dan langsung sempurna. Ada kalanya kita mengalami  kegagalan. Seperti kata pepatah, ‘alah bisa karena biasa’ maka berlatih dengan rutin merupakan hal yang  perlu dilakukan. Dengan latihan yang teratur, kesalahan dapat diminimalkan.

Tujuh langkah di atas dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan kemampuan public speaking sejak menjadi mahasiswa. Pastikan kamu mempunyai soft skill ini karena akan berguna pada satu saatnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*