5 Cara Jitu Anti Fobia Skripsi, Mahasiswa Harus Paham

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengerjakan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir memang perlu semangat dan motivasi yang tinggi. tanpa kedua hal tersebut mengerjakan skripsi terasa bak memindahkan gunung. Bikin males bahkan sampai fobia.

Bila kita fobia skripsi, kita pasti akan enggan mengerjakannya. Dan mengerjakan hal tersebut akan terasa sangat berat. Untuk menyiasati agar kita selalu semangat dalam mengerjakan skripsi dan tidak fobia, maka diperlukan strategi jitu.

BACA JUGA:

Inilah cara jitu yang harus diketahui  mahasiswa agar tidak sampai fobia skripsi.

Hilangkan stigma bahwa skripsi itu berat

Bila kita berpikir bahwa mengerjakan skripsi merupakan pekerjaan yang berat maka skrpsi akan terasa benar-benar berat. Stop membebani pikiranmu sendiri dengan hal seperi itu bila belum mencoba dan berusaha keras untuk mengerjakannya. Mantapkan niat dan fokuskan tujuang yang jelas untuk dapat menyelesaikan skripsi.

Semua hal akan terasa berat bila masih di pikiran, tetapi saat dilalui dan dikerjakan dengan penuh keseriusan, skripsi tidak akan terasa seberat itu.

Buat kerangka yang bagus

Menyusun kerangka sebelum menyusun skripsi merupakan strategi  pertama yang harus ditempuh agar kita terus bersemangat mengerjakannya. Selain membuat kerangka penelitian yang bagus, menerukan rumusan masalah dan permasalahan yang kuat, untuk kemudian diajukan sebagai judul penelitian kepada dosen pembimbing.

Bila kerangka sudah matang, problemnya sudah kuat, maka tentu kita dapat mengerjakan dengan lancar dan terarah dalam mengerjakan skripsi.

Perbanyak konsultasi pada dosen pembimbing

Konsultasi dengan dosen pembimbing dapat membuat proses penulisan skripsi makin lancar. Kita dapat menjadikan dosen tersebut rekan sharing. Kita dapat membahas metode dan konsep penelitian yang akan kita buat.  

Konsisten dan menentukan target

Target dapat menjadi penyemangat kita dalam menyusun skripsi. Untuk dapat mencapai target tersebut kita harus konsisten mengerjakannya. Dengan konsisten dan tekun mengerjakan skripsi, pasti skripsi akan segera selesai.

Mencintai skripsi

Mencintai apa yang kita kerjakan merupakan kekuatan besar. Mengerjakan skripsi dengan penuh rasa cinta akan membuat proses pengerjaan akan segera selesai. Rasa cinta pada skripsi dan karya akan membuat motivasi tetap terjaga. Tip ke lima adalah agar kita tidak fobia skripsi adalah mencintai skripsi tersebut.

Lima cara jitu tersebut di atas dapat dicoba bila kita mulai mencari judul atau menentukan topik penelitian yang kita pilih untuk tugas akhir. Tanpa motivasi yang kuat, fobia bisa saja terjadi pada kita.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*