Cara Jitu Mengajari Anak yang Sulit Konsentrasi Saat Belajar

Sharing for Empowerment

Ciptakan lingkungan yang menyenangkan

Sebelum anak belajar, kita perlu menciptakan lingkungan yang menyenangkan dengan memperkenalkan beberapa permainan yang menarik. Misalnya dengan puzzle, balok, atau permainan angka atau huruf.

Secara tidak langsung permainan itu akan membuat mereka penasaran dan mengarahkan mereka pada meja belajar. Dengan begitu kemampuan konsentrasi anak dapat meningkat karena aktivitas tersebut akan menstimulasi indra sensoris dan konsentrasinya.

Tetapkan batas waktu belajar

Anak tentu belum bisa mengatur jam belajarnya sendiri. Mereka perlu orangtua untuk membantu menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas belajar kepada anak. Hal ini akan membantu anak dapat menyelesaikan tugasnya sesuai tenggat waktu.

Orangtua perlu memastikan bahwa batas waktu yang ditetapkan pada anak tidak terlalu pendek atau panjang agar anak tidak merasa bosan. Penetapan batas waktu juga tidak boleh terlalu kaku karena dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk fokus.

Batas waktu 15-20 menit akan membuat mereka tetap fokus pada tugas dan perhatian mereka tidak terlalu goyah. Sedangkan waktu yang lebih lama dapat membuat mereka lelah dan kehilangan perhatian dan muncul beragam gangguan konsentrasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*