Pejuang PTN, Hati-Hati Memilih Prodi di SNMPTN dan SBMPTN 2022, Ini Tip dari LTMPT

Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong bibit muda unggul untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi semaksimal mungkin.

Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi P. Widyobroto mengatakan, LTMPT membantu para Rektor untuk mendapatkan calon mahasiswa yang unggul. Pertama melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan kedua, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain itu, juga ada jalur ketiga yaitu jalur mandiri.

BACA JUGA:

LTMPT berfungsi untuk mempermudah calon mahasiswa dalam mencari atau mendaftar di kampus pilihannya. Sementara bagi perguruan tinggi, keberadaan LTMPT adalah untuk membantu para rektor mendapatkan bibit generasi muda unggul di perguruan tinggi.

LTMPT saat ini membantu proses seleksi untuk 74 PTN, 39 politeknik negeri, 11 perguruan tinggi keagamaan.

Budi P. Widyobroto menjelaskan bahwa jalur SNMPTN secara teknis yakni mengundang hanya siswa kelas 12 yang berprestasi untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri. Ia mengingatkan agar siswa memiliki akun di LTMPT dan sekolah harus memastikan bahwa data siswa-siswanya telah dimasukkan dengan benar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) agar siswa bisa mendaftar SNMPTN.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*