UMJ Gelar Pelatihan MC Formal, Ini yang Harus Diperhatikan MC

Ilustrasi: Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan pelatihan MC Formal Korps Protokoler Mahasiswa (KPM). Acara pelatihan MC di Kantor Sekretariat UMJ tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

BACA JUGA:

“MC harus mempunyai kekhasan suara. Pada pelatihan kali ini kita akan lebih mempraktikkan, karena MC tidak hanya kepercayaan diri yang dibutuhkan akan tetapi ketenangan, mental, serta kemampuan kalian untuk membuat draft tersendiri,” kata Syifa Astasia Utari, S. I. Kom., M. I. Kom. selaku dosen pengajar public speaking di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ.

Pada pelatihan MC tersebut, Syifa juga menjelaskan bahwa seorang protokoler atau event organizer mempunyai suatu kekhususan untuk menjadi MC, karena MC harus dapat berjalan sendiri tanpa adanya tim meskipun terdapat pendamping.

Banyak materi yang disampaikam oleh Syifa selaku dosen dan Kepala Bagian Keprotokolan UMJ, tentang materi dan praktik menjadi seorang MC Formal pada mahasiswa. Di antaranya tentang persiapan yang wajib dimiliki oleh calon MC  formal, yakni: pemanasan, mempunyai draft, belajar untuk memaafkan kesalahan diri sendiri, mengetahui audiens, dan banyak berlatih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*