Siapkan Ini Agar Tidak Gagal! 7 Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa

Sharing for Empowerment

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus sangat jelas dan merencanakan dengan matang kontribusi masa depan kamu sesuai bidang studi yang kamu dalami dan visi lembaga pemberi beasiswa. Selain itu, pikirkan pula langkah apa yang kamu ambil untuk merealisasikan rencana kontribusi tersebut.

 Jelaskan kekuatan dan kelemahan terbesarmu!

Kamu harus menceritakan pula bukti konkret mengenai kekuatan dan kelebihanmu. Misalnya, kamu mencantumkan bahwa kekuatanmu adalah seorang pekerja keras dan kekuranganmu adalah seorang perfeksionis.

Maka kamu harus menceritakan juga contoh kejadian ketika sifat kerja kerasmu membuahkan hasil. Begitu pula dengan kekurangan, kamu harus menceritakan suatu kejadian saat perfeksionisme dalam dirimu dapat membawa hal negatif dan bagaimana kamu menanganinya.

Bagaimana kamu melihat diri sendiri lima tahun dari sekarang?

Di sini, penyelenggara beasiswa ingin melihatapakah kamu sudah memiliki rencana jangka panjang. Jadi, daripada hanya menjawab bahwa kamu ingin lulus tepat waktu dan membangun usaha sendiri, akan lebih baik bila kamu bisa menjelaskan dengan detail terkait visimu di masa depan, rencana untuk meraihnya, dan apa yang telah kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*