Suka Dunia Teknologi? Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu

Pilih Jurusan Kuliah
Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perkembangan dan pertumbuhan teknologi berkembang sangat pesat dewasa ini. semua lini kehidupan manusia rasanya dapat dipermudah dengan adanya teknologi. Dari jasa transportasi hingga mengawasi rumah dapat dilakukan dengan mudah melalui gawai.

Kondisi ini pasti membawa pengaruh positif terhadap prospek karier pada bidang teknologi di masa depan. Bila kamu menyukai dunia teknologi dan ingin meniti karier di bidang tersebut, maka jurusan berikut ini dapat kamu jadikan pilihan.

BACA JUGA:

Inilah jurusan yang cocok buat kamu yang menyukai dunia teknologi.

Agroteknologi

Jurusan ini merupakan gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, dan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berfikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi yang tentunya mengikuti tren perkembangan teknologi di bidang pertanian dan ekonomi.

Prospek kerja lulusan jurusan ini adalah ahli teknik pertanian, ahli konservasi tanah dan air, manajer pembibitan dan rumah kaca.

Bioinformatika

Jurusan ini merupakan program studi multidisiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer untuk mengolah data pada bidang biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi. Umumnya, bioinfprmatikan adalah bidang yang menggunakan ilmu komputer untuk memecahkan masalah di bidang biologi yang makin komplkes seperti ilmu terbaru mengenai life science.

Prospek kerja lulusan jurusan ini adalah koordinator riset klinis, ahli biomedis, dan peneliti bioinformatika.

DKV Animasi

Animasi merupakan bagian dari Film dan TV Production yang melibatkan banyak gaya, proses, dan teknik yang beragam, jurusan ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi animasi yakni bidang film animasi dan animasi gim atau animasi interaktif.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut dengan sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Prospek kerja lulusan ini adalah desainer grafis 3D, animator, dan seniman multimedia, direktur kreatif.

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Jurusan ini spesifik membekali para mahasiswanya mengenai pemahaman tentang kurikulum pembelajaran serta penggunaa teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar, sehingga mereka mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia.

Pemanfaatan teknologi secara tepat bisa membantu proses belajar mengajar lebih lancar dan efisien serta membuat kurkulum lebih relevan bagi para peserta didik untuk menyongsong dunia kerja.

Prospek kerja lulusan ini adalah spesialis pelatihan dan pengembangan, konselor edukasi, dan dosen.

Mobile Application & Technology

Jurusan Mobile Application & Technology memperkenalkan teknik-teknik dasar, pemahaman, cara menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan teknologi terapan di bidang mobile technology, untuk berbagai macam platform.

Perkembangan dan adopsi teknologi sendiri di dunia ini berkembang dengan sangat pesat dan akan selalu berubah mengikuti tren, mobile, dan komputer. Prospek kerja lulusan ini dapat bekerja sebagai Android Developer, iOS Developer.

Technopreneurship

Program studi technopreneurship bertujun untuk mempersiapkan, melatih, dan mendorong mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur yang mampu melahirkan dan mengembangan usaha baru (small medium enterprise) berbasis teknologi unggul yang tepat guna.

Di jurusan ini kamu bakal diajarkan metode berkreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan ide-ide yang berkaitan dengan teknologi. Bila kamu menginginkan kuliah di jurusan ini  perguruan tinggi swasta kamu dapat memilih Universitas Surya dan President University.

Prospek kerja jurusan ini adalah menjadi pengusaha, konsultan pemasaran digital, arsitek big data.

Industrial Robotics Design

Jurusan Industrial Robotic Design atau Desain Robotika Industrial mempelajari bagaimana membangun keberlanjtan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot. Di jurusan ini kamu akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

Program studi ini akan membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang robot, terutama untuk aplikasi industri. Prospek kerja jurusan ini adalah spesialis robotik, ahli teknik mekatronik, mekanik mesin industri.

Tujuh jurusan tersebut di atas dapat menjadi pilihan bila kamu menyukai perkembangan dunia teknologi yang pesat. Yuk, segera tentukan pilihan jurusan kuliah.  

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*