Beda CV, Resume, dan Cover Letter, Fresh Graduate Harus Paham

Agar CV dilirik perusahaan impian, 5 skill ini wajib dimiliki fresh graduate (Kalderanews.com/Ist)
Fresh Graduate dengan CV yang menarik. (Kalderanews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah lulus kuliah, sudah saatnya kita memikirkan mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian. Untuk mendapatkan pekerjaan yang bagik, kita memang harus mengikuti prosedur perekrutan. Salah satu syarat yang diminta untuk melamar kerja adalah membuat CV.

CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen terpenting yang harus kamu siapkan sebelum melamar kerja, magang, atau bahkan melamar beasiswa. Mengapa CV ini penting banget untuk dimiliki menjelang kuliah dan masuk kerja? Dan apa saja isi CV itu?

BACA JUGA:

CV merupakan sebuah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup kamu. Daftar riwayat hidup yang termasuk di dalam CV antara lain adalah riwayat pendidikan, pengalaman professional, prestasi, dan juga keterampilan-keterampilan yang kamu miliki CV sendiri memiliki berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya.

CV dan resume memang tampak serupa. CV dan resume sama-sama berisi daftar riwayat hidup, tetapi terdapat perbedaan di dalam tujuan serta panjang tulisan dari keduanya. CV biasanya terdiri dari dua halaman dan berisi penjelasan rinci mengenai pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, latar belakang pendidikan, dan prestasi serta pencapaian dalam hal akademis dan profesi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*