Trik Jitu Menulis Motivation Statement, Pelamar Beasiswa Harus Tahu

Virtual Holland Scholarship Days (VHSD) 2022
Ade Siti Barokah, penerima beasiswa StuNed 2015 membagikan tip menulis motivation statement di Virtual Holland Scholarship Days (VHSD) 2022 pada Sabtu, 5 Februari 2022 (KalderaNews/Lita Mayasari)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comMotivation statement merupakan salah satu dokumen yang diperlukan bila kita ingin mendaftar sebagai pelamar beasiswa. Termasuk bila kita mengincar beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda, yang kita kenal dengan nama StuNed Scholarship Program.

Motivation statement ini merupakan esai singkat untuk mempromosikan diri kita agar dianggap layak untuk mendapatkan beasiswa yang sedang kita incar. Meskipun tidak panjang, dokumen satu ini cukup menentukan apakah kita bisa memperoleh beasiswa atau tidak.

BACA JUGA:

Untuk itu, dalam menuliskan motivation statement, kita perlu mempersiapkan dengan baik dan tahu panduan jitu yang harus diikuti. Ade Siti Barokah, penerima beasiswa NFP tahun 2013 dan StuNed tahun 2015 membagikan tip dan trik jitu pada acara Holland Scholarship Day 2022 yang dihelat secara daring pada Sabtu, 5 Februari 2022.

Ade menyampaikan motivation statemen adalan tempat mempresentasikan diri kita sendiri dan juga branding yang tidak ada di dalam dokumen lain. Bila dokumen CV merupakan template dan kita tidak bisa menambahkan informasi penting mengenai kelebihan diri kita sendiri, maka motivation statement-lah tempatnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*