Pejuang PTN, Hati-Hati Memilih Prodi di SNMPTN dan SBMPTN 2022, Ini Tip dari LTMPT

Sharing for Empowerment

“Jadi makanya hati-hati bagi adik-adik yang pemilihan program studi dan sebagainya, itu betul-betul yang disenangi sesuai minat (passion) sehingga jangan sampai sudah diterima di jalur SNMPTN kemudian nanti tidak didaftar ulang atau tidak mendaftar ke perguruan tinggi maupun program studi yang tujuan yang sudah diterima,” tekannya.

Sementara untuk SBMPTN, kata Budi P. Widyobroto, prinsipnya kelulusan peserta ditentukan oleh hasil tes. Adapun tes yang dilaksanakan mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Metode tes adalah UTBK. Kelompok ujiannya yaitu saintek atau soshum atau campuran. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali ujian.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Prof. Nizam memberi pesan agar para calon peserta membuka mata dan pengetahuan secara luas.

“Tanya kakak-kakak dan orang-orang di sekitar yang sudah berhasil sudah lulus dari perguruan tinggi, latar belakangnya seperti apa. Jangan bertanya kepada yang sama-sama baru mau mendaftar,” pesan Prof. Nizam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*