Tahun Baru, Inilah Keterampilan Hidup yang Harus Dimiliki Pelajar Agar Makin Sukses

Semangat Hidup
Semangat Hidup (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 memang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Namun, peristiwa pandemi ini memang membawa banyak perubahan. Selain membawa banyak korban jiwa, pandemi ini juga membawa dampak pada pekerjaan dan pendidikan.

Tidak hanya perubahan teknologi, pandemi juga memberikan perubahan gaya hidup. Kita dituntut untuk mengembangkan keterampilan hidup dalam banyak hal, salah satunya keterampilan bidang digital. Selain keterampilan digital dibutuhkan juga keterampilan lainnya.

BACA JUGA:

Keterampilan hidup ini dibutuhkan agar kita mampu bertahan di dalam kehidupan. Secara umum, keterampilan dibagi menjadi 4 jenis, yakni basic literacy skill, technical skill, interpersonal skill, dan problem solving.

Keterampilan dasar literasi atau basic literacy skill merupakan keterampilan yang menekankan pada kemampuan dasar yang dimiliki seseorang. Kemampuan dasar yang dimaksud meliputi keterampilan dalam menghitung, mendengarkan, menulis, dan membaca.

Sedangkan keterampilan teknis atau technical skill  merupakan kemampuan yang didapat secara khusus seperti pembelajarn pada bidang tertentu. Contohnya keterampilan menggunakan komputer, merakit alat elektronik, dan lain-lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*