Jurusan Manajemen Transportasi, Jurusan Cocok Untuk yang Suka Jalan-Jalan

Persiapan Kuliah
Ilustrasi: Persiapan Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bergerak merupakan kodrat manusia. Demikian juga berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan ini. Berpindah tidak selalu harus menetap, melainkan karena sebuah keperluan. Termasuk jalan-jalan. Untuk berpindah tempat ini kita, manusia modern, memerlukan transportasi.

Selain untuk urusan bekerja atau pekerjaan, jalan-jalan atau traveling sekarang merupakan hiburan dan sarana refreshing. Jalan-jalan juga merupakan cara lain untuk mengembangkan hobi, seperti melukis, menulis, membuat video dan lain-lain.

BACA JUGA:

Tahukan kamu bahwa dunia transportasi dikendalikan oleh banyak aturan, fasilitas, dan orang. Bayangkan bila transportasi tidak diatur, pasti akan terjadi kekacauan di mana-mana. Untuk itu Program Studi Manajemen Transportasi hadir di tengah kita.

Jurusan Manajemen Transportasi merupakan program studi yang mengkaji tentang pengoperasian, perancangan, pemeliharaan, perencanaan, dan sebagainya, di berbagai jenias transportasi yakni darat, laut maupun udara.

Di jurusan ini pula mahasiswa akan mempelajari cara menghitung operasional biaya kendaraan dan melakukan analisis kebijakan tariff juga analisis rute efektif. Analisis pemakaian bahan bakar juga merupakan hal yang dipelajari di jurusan ini. Menarik, ya!

Jurusan Manajemen Transportasi merupakan perpaduan antara bidang Teknik juga Ilmu Manajemen, yang tersedia dalam jenjang D-3 dan S-1. Untuk gelar yang didapatkan setelah lulusa adalah Ahli Madya Manajemen Logistik (A.Md.M.Log) untuk D-3 dan Sarjana Logistik (S.Log) untuk jenjang S-1.

Proses perkuliahan di Jurusan Manajemen Transportasi akan berlangsung dengan seru. Banyak yang akan dipelajari di sana mulai dari perencanaan transportasi, sistem transportasi, komponen manajemen dalam sistem transportasi hingga manajemen lalu lintas.

Belajar di jurusan ini akan membuatmu menjadi mahasiswa yang lebih paham tentang pentingnya transportasi itu sendiri, pentingnya sistem dan juga perencaaan untuk kemajuan transportasi di negara kita sendiri.

Perlunya banyak perbaikan pada sistem transportasi di Indonesia membuak banyak peluang tersendiri bagi para lulusan Manajemen Transportasi. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang khususnya yang berhubungan dengan transportasi baik di lingkup pemerintahan maupun non pemerintahan.

Selain  profesi tersebut di atas, lulusannya dapat juga menjadi biro travel, perencana transportasi, bagian keuangan perusahaan transportasi atau konsultan manajemen transportasi juga dapat dijadikan pilihan.

Peluang lebar dan mendapat kesempatan untuk bekerja sambil mengamati dunia transportasi, jurusan Manajemen Transportasi inilah yang paling tepat untukmu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*