Hai Mahasiswa Hobi Fotografi, Inilah 7 Pekerjaan yang Dapat Kamu Lakukan Sambil Kuliah

Hamparan luas padang rumput Sabana Baluran dengan latar Gunung Baluran dapat menjadi latar bagi pecinta fotografi. (Arlicia/KalderaNews)
Hamparan luas padang rumput Sabana Baluran dengan latar Gunung Baluran dapat menjadi latar bagi pecinta fotografi. (Arlicia/KalderaNews)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perkembangan dunia digital dan teknologi makin pesat, setelah pandemi. Tidak hanya itu, peluang pekerjaan baru pun makin terbuka sebagai kompensasi dari situasi yang dapat dikatakan tidak terprediksi sebelumnya itu. Termasuk dunia fotografi.

Setelah pandemi, perkembangan bidang fotografi juga cukup pesat karena foto merupakan hal yang sangat mendukung untuk keberlangsungan banyak industri. Hobi fotografi yang dimiliki oleh para mahasiswa dapat makin dikembangkan untuk juga menghasilkan pemasukan tambahan yang dilakukan sambil kuliah.

BACA JUGA:

Menariknya, bila kamu mempunyai hobi fotografi, apa pun jurusanmu, karena hobi ini mengutamakan skill dan hasil foto, selama memiliki portofolio yang disukai banyak orang, maka kamu berpeluang mengembangkan hobi fotografi ini menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang.

Portofolio fotografimu dapat ditampilkan melalui website atau blog pribadi maupun media sosial. Ini merupakan cara yang masih efektif dan efisien untuk menginformasikan skill dan hasilnya pada para calon klien.

Inilah 7 pekerjaan terkait fotografi yang dapat kamu lakukan sambil kuliah.

Fotografi makanan                                                

Restoran, kafe, dan bisnis makanan yang makin menjamur menjadi sebuah peluang bagi mahasiswa yang mempunyai hobi fotografi makanan untuk mengembangkan hobinya menjadi sebuah pekerjaan baru. Foto makanan atau menu makanan yang bagus diperlukan sebagai bahan untuk memasarkan produk dan mengembangkan usaha.

Fotografi fashion

Perkembangan fashion tidak akan berhenti selama manusia masih mengenakan pakaian. Bidang ini termasuk bidang bisnis yang harus update dari waktu ke waktu. Dalam dunia fashion, fotografer memiliki peranan penting dalam membuat visual fashion yang menarik sesuai dengan sasaran konsumen. Bila kamu mempunyai hobi fotografi dan juga suka dengan update fashion, kamu dapat memilih jenis pekerjaan ini.

Fotografi pra pernikahan dan pernikahan

Fotografi jenis ini tergolong sudah cukup lama berkembang  di Indonesia. Meskipun demikian bukan berarti kesempatan untuk berkarier di bidang ini telah tertutup. Kamu dapat menciptakan ide-ide kreatif untuk konsep fotografi pra pernikahan yang menarik dan outstanding.

Fotografi maternitas dan bayi baru lahir

Kedua jenis fotografi ini berfokus pada ibu hamil dan bayi baru lahir. Bila kamu juga mempunya kemampuan videografi, ini dapat dikembangkan menjadi video birthing yang juga lagi ngehits itu. Namun, fotografi bayi baru lahir dan persalinan membutuhkan sertifikasi khusus. Tidak sembarang orang bisa handle  bayi baru lahir dengan lembut dan baik.

Fotografi perjalanan

Ini salah satu pekerjaan yang super seru. Selain kita mendapat bayaran atas hobi fotografi kita, kita juga dibayar. Kamu bisa bekerja dalam perusahaan pemerintah atau swasta seperti agen perjalanan atau majalah travel bila ingin mendalami  pekerjaan ini.

Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur merupakan spesialisasi fotografi bidang pemotretan bangunan, baik eksterior maupun interior beserta detailnya. Kebutuhan akan fotogafer bidang ini meningkat seiring dengan maraknya bisnis properti. Majalah hingga website seputar  desain interior juga makin diminati sehingga peluang pekerjaan masih tebuka luas.

Fotografi komersial

Seperti namanya, fotografi komersial ini merupakan foto yang memiliki nilai jual sesuai dengan tujuan komersil, misalnya untuk iklan, poster, dan media pemasarana lainnya agar konsumen tertarik untuk membeli. Fotografi produk ini juga memberikan peluang yang sangat luas untukmu.

Setidaknya itulah tujuh jenis pekerjaan yang terkait hobi fotografi yang dapat kamu tekuni dan dapat menghasilkan uang saku tambahan bila berminat mengembangkan. Pastikan kuliahmu tidak terbengkalai bila sudah fokus mencari uang sambil mengembangkan hobi fotografi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*