Dear Pelajar, Simak 3 Jenis Pengetahuan yang Penting Untuk Memilih Jurusan

Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila membahas  keterampilan, kita akan membahas hard skill dan soft skill. Namun, apabila kita membahas tentang pengetahuan, maka terdapat tiga jenis pengetahuan yang harus kita ketahui dalam masa sekolah atau kuliah ini.

Tiga jenis pengetahuan tersebut adalah fundamental skills, insightful knowledge, dan practical skills. Ketiga jenis pengetahuan tersebut sangat diperlukan ketika kita berada di bangku atau saat memilih jurusan kuliah.

BACA JUGA:

Tiga jenis pengetahun tersebut akan diuraikan di bawah ini.

Fundamental Skills

Hal ini merupakan pengetahuan yang sangat penting,bersifat teknikal dan berguna untuk melatih cara berpikir. Ini merupakan perangkat yang sangat berguna untuk kemajuan dan progress kita dalam berpikir. Beberapa hal yang penting dalam fundamental skills  ini antara lain:

  • Critical thinking dan logic. Critical thinking merupakan kemampuan untuk berpikir dengan benar, bisa memilih informasi yang benar atau salah. Ini merupakan hal yang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir logis intinya adalah bagaimana kita bisa berpikir dengan aturan-aturan logika yang secara universal benar atau tidakmudah terjebak.
  • Matematika. Matematika yang dimaksud bukan berarti tenatng berhitung sehari-hari, tetapi lebihd ari itu. Dengan kita memahami matematika secara baik, kita bisa menciptakan pila pikir yang terintegrasi, secara internal dan konsisten. Saat kita menerima info atau pengetahuan apa pun, semua info yang diterima tersebut bisa terkoneksi dan terintegrasi dengan baik. Kita bisa tahu caranya untuk menyambungkan semua info yang kita dapat dengan baik, terintegrasi, dan konsisten.
  • Verbal skills. Dengan mengerti bahasa selain bahasa ibu hal tersebut akan membuat struktur otak kita berpikir lebih kompleks. Para peneliti mengatakan orang-orang dengan kemampuan bilingual cenderung mempunyai IQ lebih tinggi.

Insightful Knowledge

Hal kedua ini tidak kalah penting. Insightful Knowledge berguna untuk membangun pemikiran kita untuk melihat dunia apa adanya. Kemampuan yang satu ini akan bermanfaat bagi kita untuk melihat paradigm yang lebih luas dengan berbagaii macam sudut pandang. Yang termasuk insightful knowledge  ini adalah ilmu-ilmu umum, dasar-dasar fisika, asa terbentunya bumi, kehidupan makhluk hidup, munculnya manusia, antropologi, sejarah, dan lain-lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*