8 Manfaat Belajar Bahasa Mandarin, Yuk Cobain Mumpung Chinese New Year

Kumpulan Ucapan Tahun Baru Imlek 2020 Bahasa Mandarin
Gadis keturunan Tionghoa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa belajar bahasa itu tidak terlalu banyak manfaatnya. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa belajar bahasa merupkaan suatu hal yang tidak penting.

Sebagian orang juga beranggapan kalau sudah menguasai bahasa Inggris saja sudah cukup. Namun sayangnya, pemikiran ini tidak akan bisa membuat kita maju dan sudah saatnya kita membuka lebar wawasab dan pandangan betapa pentingnya belajar bahasa selain bahasa Inggris saja.

BACA JUGA:

Belajar bahasa asing dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Sama seperti bahasa Inggris, belajar bahasa internasional lain juga merupakan kebutuhan. Bahasa internasional lain yang sekarang juga menjadi tren untuk dipelajari adalah bahasa Mandarin.

Nah, mumpun masih berdekatan dengan Imlek, inilah delapan manfaat penting belajar bahasa Mandarin yang harus kamu tahu.

Jumlah penutur bahasa dan pertumbuhan bahasa tercepat

Bahasa Mandarin dipakai oleh hampir seperempat penduduk di bumi. Meskipun kita tidak mempunyai rencana untuk pergi ke Tiongkok, tetapi di Taiwan dan Singapura juga bahasa Mandarin ini dipakai. Penduduk Tiongkok dan keturunan berada di seluruh dunia dan mereka menggunakan bahasa Mandarin ini.

Bisa wisata ke Tiongkok dan paham makanan halal

Tidak semua masyarakat Tiongkok bisa berbahasa Inggris, hal ini membuat menu mekanan yang ada di toko maupun restoran hanya ditulis dengan menggunakan bahasa Mandarin. Jika kamu berlibur ke Tiongkok dan memiliki kemampuan bahasa Mandarin, meskipun minim, setidaknya kamu bisa memilih makanan yang halal selama berwisata di Tiongkok.

Memahami budaya dan sejarah Tiongkok

Bahasa menunjukkan bangsa. Maka bila kita belajar bahasa Mandarin maka secara tidak langsung kita akan bisa belajar budaya dan sejarah Tiongkok dengan baik. Banyak fakta menarik dari budaya dan sejarah Tiongkok yang perlu dipelajari.

Mandarin menjadi bahasa dalam bisnis dan wisata

Tiongkok bisa dikatakan menguasai bisnis dan perdagangan. Tiongkong juga menarik orang dari luar Tiongkok untuk tertarik untuk datang dan menjalin kerja sama dalam bisnis. Mereka datang ke Tiongkok dan mencari peluang usaha yang dapat menguntungkan.

Selain itu, masyarakat Tiongkok juga gemar berwisata ke luar negeri. Jika kita ingin bekerja di bidang pariwisata, akan menjadi keuntungan untuk kalian jika kaluan bisa berbahasa Mandarin meskipun hanya sedikit.

Banyak alat bantu                                        

Untuk belajar bahasa Mandarin, di era modern ini telah banyak fasilitas yang bisa kita pakai untuk belajar. Kita bisa membaca buku, blog, aplikasi belajar bahasa di gawai, video tutorial di YouTube, dan lain-lain. Belajar bahasa Mandarin sekarang begitu mudah sekarang.

Melatih otak

Saat kita belajar bahasa baru, salah satu bagian otak yang bekerja secara aktif. Uniknya lagi, bagian dari otak ini tidak akan bekerja saat kamu belajar bahasa lain. Bahasa Mandarin yang memiliki keunikan huruf dan pengucapan akan membuat otak kita bekerja lebih keras dan itu baik untuk kita. Hal ini akan merangsang otak kita memiliki ingatan yang baik.

Makin banyak peluang pekerjaan

Di zaman yang sudah maju dan modern ini, tidak dapat dipungkiri bahwa makin lama makin banyak lapangan kerja yang membutuhkan karyawan yang lancar berbahasa Mandarin sebagai syarat. Mempunyai keterampilan bahasa Mandarin di dalam CV-mu akan membuat peluang buatmu bertambah.

Bahasanya menarik

Beberapa orang sering mengatakan kalau belajar bahasa Mandarin itu sulit. Namun, kamu harus percaya bahwa banyak hal yang kamu temukan saat belajar bahasa Mandarin. Kamu bisa menemukan cerita sejarah panjang hanya dari satu karakter bahasa Mandarin, misalnya.

Belajar bahasa Mandarin memang mempelajari huruf baru juga dan tampaknya akan sulit. Namun, hal seru di balik belajar bahasa Mandarin pasti akan menyambutmu!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*