8 Cara Jitu Menambah Konsentrasi Belajar, Mana Favoritmu

Sharing for Empowerment

Keluar dari zona nyaman

Berada di zona nyaman kerap membuat pikiran kita stuck dan tidak berkembang. Maka keluar dari zona nyaman akan membuat otak kita kembali aktif. Menjalani rutinitas itu baik, tetapi bila tidak menemukan tantang baru dan membuatmu tidak berkembang, maka itu tidaklah baik. Keluar zona nyaman tidak berarti kamu harus melakukan hal anti mainstream. Semudah misalnya kamu ke sekolah lewat jalur A maka cukup ganti rute melalui jalur B dan rasakan sensasinya.

Pakai font yang unik

Saat membaca di buku, gawai, majalah dan lain-lain, kita pasti menginginkan font  yang mudah dibaca bukan? Padahal, font yang unik dan tidak biasa malah dapat membuat kita mengingat sesuatu dengan baik. Saat kita membaca sesuatu yang sulit, otak kita seperti ‘dipaksa’ untuk berkonsentrasi penuh pada bacaan yang sedang kita hadapi. Cara ini dapat membuat kita lebih mudah mengingat.

Neurobics

Neurobics ini dilakukan dengan mengubah rutinitas. Jadi otak yang melakukan tugas-tugas berbeda dan membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, bila biasanya kita menggosok gigi pakai tangan kanan, maka sekarang coba gantilah dengan menggunakan tangan kiri. Awalnya memang sulit, tetapi kamu akan terbiasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*