5 Kemampuan Ideal yang Wajib Dikuasai Lulusan Teknik Mesin Biar Kariernya Moncer

Sharing for Empowerment

1. Mechanical Skills

Keterampilan mekanik mengacu pada kemampuan untuk merancang dan membangun alat fisik, mesin, dan perangkat lainnya. Seorang engineer yang bekerja di industri aeronautika, misalnya, harus bisa membuat dan memperbaiki mesin jet. Seorang engineer nuklir mungkin perlu memelihara dan meningkatkan sistem keselamatan dan tanggap darurat.

2. Computer Skills

Sarjana Teknik Mesin menggunakan komputer dalam banyak aspek pekerjaan mereka. Misalnya, seorang engineer dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk menjalankan simulasi, merancang mesin, dan menghasilkan spesifikasi komponen.

Sementara mahasiswa biasanya mengembangkan kompetensi komputer di seluruh kurikulum mereka, banyak yang memilih untuk mengambil kelas pilihan di berbagai bidang seperti sirkuit elektronik, rekayasa perangkat lunak, dan manajemen basis data.

3. Matematika

Matematika merupakan “jantung” seorang mechanical engineer. Untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam merancang, menganalisis, dan memecahkan masalah sistem mekanik yang kompleks, mahasiswa teknik biasanya harus menyelesaikan kursus substansial dalam kalkulus, trigonometri, fisika, dan statistik. Mereka juga mengasah keterampilan matematika tingkat lanjut melalui pembelajaran berbasis proyek.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*