Apa Itu Duck Syndrome pada Remaja? Yuk, Kenali untuk Dihindari

Sharing for Empowerment

Terdapat tiga jenis duck syndrome yang mungkin terjadi pada gen Z dan milenials, yakni:

Pura-pura terlihat sukses

Duck syndrome jenis ini terjadi ketika seseorang berusaha tampil glamor, sukses, dan bahagia. Padahal di balik semua itu, ia memiliki utang yang banyak dan sedang berusaha hidup layak. Jenis ini dapat diatasi dengan cara menerima diri sendiri apa adanya.

Struggle alone

Jenis yang satu ini dianggap cukup berbahaya karena melibatkan persoalan mood dan gangguan kecemasan lainnya. Mereka yang mengalami struggle alone akan memperlihatkan dirinya baik-aik saja meski sebenarnya sedang banyak masalah dan mungkin butuh bantuan.

Cara mengatasinya dengan membiasakan diri untuk menerima bantuan orang lain, serta jangan menutup diri dalam menghadapi persoalan yang terjadi, dan tidak perlu malu mencari bantuan bila memang membutuhkan.

Membandingkan diri dengan orang lain

Ambisi yang terlalu besar dapat menyebabkan duck syndrome jenis ini. mereka bisa saja berambisi untuk sukses padahal sedang merasa kewalahan akan hal yang terjadi pada dirinya. Mereka harus diajak hidup lebih realistis dalam menerima kondisi dirinya agar bisa lebih fokus dalam meraih apa yang diinginkannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*