Inilah Arti Kata Gocap, Asal-Usul dan Sejarahnya

Arti gocap
Arti gocap (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kata Gocap sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Kata ini kita dengar di rumah, sekolah, di kantor dan teristimewa di tempat bisnis, pasar, swalayan, pecinan hingga supermarket dan mal.

Sering kita dengar, tapi tak jarang ada yang masih bingung dengan arti dan maksudnya. Lalu apa arti kata gocap, asal-usul dan sejarahnya?

Secara historis tak dapat dipungkiri, kata untuk bilangan dalam bahasa Mandarin Gocap dikenal di Indonesia karena ada banyak suku Tionghoa yang tinggal di bumi nusantara ini. Penggunaan bilangan dalam kehidupan sehari-hari pun tak terhindarkan, terlebih karena bisnis dan perdagangan menjadi konsentrasi penghidupan masyarakat Tionghoa.

BACA JUGA:

Gocap merupakan istilah yang berasal dari bahasa Mandarin dialek Hokkien yang artinya Rp 50.000 (Lima Puluh Ribu). Istilah ini kerap digunakan oleh penduduk Tionghoa yang sebagian berdagang ke Indonesia. Para warga Tionghoa tersebut pun hidup berdampingan dan akhirnya dekat dengan masyarakat nusantara sehingga istilah tersebut mudah tersebar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*