Orangtua Harus Paham, Empat Hal yang Bisa Menurunkan Rasa Percaya Diri Anak

Sharing for Empowerment

Satu hal yang harus disadari oleh orangtua adalah pola asuh dari orangtua dapat menurunkan rasa percaya diri anak. Inilah empat hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri anak yang harus dihindari oleh orangtua.

Memberikan pesan negatif

Merawat dan membesarkan anak memang tidak mudah, demikian juga menghadapi sikap mereka yang kerap menguras kesabaran. Hal ini bisa saja membuat para orangtua melontarkan kata-kata negatif.

Kata-kata negatif yang kita berikan pada mereka, seperti misalnya ‘nakal’, ‘lamban’, ‘cengeng’, dan lain-lain dapat menurunkan rasa percaya diri pada anak. Saat anak melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh orangtua, beritahu mereka dengan cara yang baik dan nada yang lembut. Orang dewasa harus selalu ingat cara pandang anak dan orang tua terhadap suatu hal memang berbeda. Dan tugas orangtua adalah mengajarkan hal tersebut pada anak.

Menyalahkan anak

Pesan yang menyiratkan bahwa hidup akan lebih baik tanpa kehadiran anak juga dapat merusak percaya dirinya. Misalnya, “jika bukan untuk anak, ayah ibu sudah bisa membeli mobil baru”. Kalimat tersebut dan sejenisnya selain akan merusak rasa percaya dirinya, juga akan menimbulkan luka batin yang teramat dalam. Penerimaan merupakan hal terpenting dalam kehidupan seseorang termasuk anak dalam sebuah keluarga.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*