4 Cara Mengatasi Insecure Remaja yang Dapat Dilakukan Orangtua

Sharing for Empowerment

Berpikir positif

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasi insecure pada anak remaja adalah mengajarkan anak untuk selalu berpikir positif. Hal ini dapat dimulai dari self-talk positif. Orangtua dapat membantu anak remaja untuk terbuka agar dapat bercerita mengenai hal-hal yang membebani. Sebagai orangtua, janganlah selalu memberikan kritik pada anak-anak agar mereka tidak merasa takut dan khawatir untuk bercerita karena takut dihakimi dan dikritik.

Komunikasi dua arah

Cara kedua mengatasi insecure pada remaja adalah membangun komunikasi dengan baik yakni komunikasi dua arah. Jika terdapat hal yang mengganggu anak, orangtua harus menjadi pihak pertama yang mereka datangi untuk meminta bantuan. Orangtua juga harus menanamkan trust pada anak remaja bahwa mereka tidak akan dihakimi tanpa sebab.

Orangtua juga perlu menyampaikan pada anak remaja bahwa orangtua akan selalu mencoba untuk memahami masalah dari sudut pandang mereka. Setelah anak bercerita, orangtua dapat memberikan saran dan memberikan masukan yang membangun, solusi, dan juga nasihat, tetapi jangan sampai merendahkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*