Mau Kuliah Lintas Jurusan? Lakukan Persiapan Ini

Siswa lintas jurusan harus menyicil materi. Tidak dapat dianggap enteng, lintas jurusan butuh ekstra waktu dan tenaga untuk paham konsep (KalderaNews/Ist)
Siswa sedang belajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengambil jurusan kuliah memang tidak mudah. Apalagi bila belum mempunyai cita-cita yang pasti ingin diraih selepas lulus kuliah kelak.

Kegalauan memilih jurusan kuliah bertambah bila ternyata jurusan kuliah yang akan dipilih berbeda dengan jurusan saat sekolah di SMA atau SMK. Meskipun demikian, jangan gusar, karena hal ini wajar terjadi.

BACA JUGA:

Adalah hal wajar bila kita galau saat jurusan kuliah incaran kita ternyata berbeda dengan jurusan sekolah saat ini. Kita merasa tertarik pada bidang lain yang tidak kita pelajari dalam kelas saat di bangku SMA. Kegundahan kedua adalah apakah lintas jurusan bisa mendaftar dan berpeluang diterima di perguruan tinggi idaman.

Bagi kamu yang ingin lintas jurusan dalam kuliah, persiapan ini yang harus kamu lakukan.

Cari tahu jurusan idamanmu apakah memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan

Pastikan jurusan idaman yang kamu inginkan memperbolehkan dan menerima pendaftar dari lintas jurusan. Hal ini merupakan hal paling penting karena beberapa perguruan tinggi pada jurusan tertentu tidak menerima pendaftar dari jurusan yang berbeda dengan rumpun jurusan yakni saintek atau soshum.

Fokus membaca rangkuman materi setiap pelajaran

Memahami materi pelajaran IPA/IPS yang tidak pernah kamu dapatkan selama tiga tahun duduk di bangku SMA awalnya terasa sulit. Akan tetapi kamu tetap bisa memulai mempelajarinya dari membaca rangkuman materi setiap pelajaran. Pahami konsep materinya, jangan dihafal.

Karena materi yang harus dipelajari, kamu harus membuat jadwal belajar yang baik dan tentunya harus ditepati. Misalnya, pertama mengupas tuntas materi pelajaran Sejarah, pekan kedua memahami materi pelajaran Ekonomi, dan selanjutnya. Jadwal belajar ini akan membuat kamu lebih fokus dan mudah menyerap setiap materi pelajaran.

Rajin mengerjkaan latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya

Setelah selesai mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran, kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal dan lakukan ini dengan rajin. Makin sering kita latihan soal, maka kita akan makin terbiasa dengan konsep dan pola pernyataan yang digunakan pada tes masuk perguruan tinggi.

Persiapkan untuk Tes Potensi Skolastik (TPS)

Bila belajar materi pelajaran merupakan persiapan untuk tes potensi akademik, maka Tes Potensi Skolastik tetap juga harus dipersiapkan dengan baik. Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, logika atau nalar, serta pemahaman umum. Tes ini juga harus dipersiapkan dengan latihan soal sebanyak mungkin dalam durasi waktu sama seperti ujian sebenarnya.

Tidak mudah patah semangat

Kalau kamu telah memutuskan untuk memilih lintas jurusan, the last but not the least, kamu tidak boleh gampang menyerah dan merasa prosesnya sulit untuk dilakukan. Bila kamu memang ingin diterima di jurusan yang diinginkan, walaupun harus menguasai materi pelajaran selama tiga tahun dalam beberapa bulan saja.

Saat ada perasaan ingin menyerah, cobalah istirahat sejenak dan refreshing. Mungkin itu bukan rasa ingin menyerah, tetapi rasa lelah belaka.

Memang tidak mudah menempuh perjuangan dalam lintas jurusan dari IPA ke rumpun Soshum atau sebaliknya. Kamu tidak sendiri dalam berjuang. Semangat, ya! Kamu pasti bisa!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*