6 Cara Ampuh yang Dapat Dipakai Orang Tua untuk Anak yang Kecanduan Gadget

Sharing for Empowerment

Memberikan alternatif kegiatan dan permainan

Anak dapat saja merasa bosan dengan waktu luangnya, yang sebelumnya diisi dengan bermain menggunakan gawai, sekarang bengong, Agar anak tidak bosan, orang tua bisa mendaftarkan anak pada beberapa les, seperti les tari, musik, taekwondo, dan lain-lain.

Sebagai orang tua, kita bisa juga menganjurkan anak untuk bermain bersama tetangga atau teman sebayanya baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Banyaknya kegiatan yang dilakukan anak akan menyita perhatian mereka dan melupakan gawai.

Luangkan waktu untuk anak

Dalam mengatasi kecanduan gadget ini juga orang tua harus memiliki komitmen yang tinggi. salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk bisa beraktivitas atau bermain dengan anak. Pada akhir pekan anak bisa diajak lagi pagi, memasak makanan kesukaannya, berkebun, atau membuat prakarya. Aktivitas yang dilakukan bersama dengan anak akan membuat mereka tidak memikirkan gadget.

Menjadi panutan

Bagian ini juga challenge untuk orang tua. Yakni jika kita ingin anak mengurangi waktunya bersama gawai, maka sebagai orang tua kita juga harus menunjukkan hal yang sama. Saat bersama mereka, orang tua juga diharapkan tidak memegang gawai. Aturan tidak memegang gawai ini bisa juga dipakai sebagai aturan bersama di rumah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*